Nasi Campur Nyak Nyong (Klenteng)

.
Membaca judul diatas pasti loe semua pada ketawa geli, Nasi campur Nyak Nyong (Klenteng). Kalau di artikan secara bahasa
“Nyak Nyong” itu terdiri dari dua kata, yakni “Nyak”  yang berasal dari kata betawi yang artinya “mak” “ibu” sedangkan kata “Nyong” yang berasal dari bahasa brebes yang artinya “aku”, jadi ketika dua kata tersebut di jadikan satu yang berarti “MAK KU” atau “IBU KU” secara keseluruhan berarti memiliki arti “NASI CAMPUR MAK KU atau NASI CAMPUR IBU KU.
Sebenarnya tidak ada nama khusus yang dipatenkan oleh pemiliknya, namun penduduk sekitar akrab dengan sebutan Nasi Campur Nyak Nyong atau Nasi Campur Klenteng. Dalam seporsi nasi campur ini, kita akan menemukan sejumput serundeng, empal kuah, mie, dendeng kemudian disiram dengan kuah santan yang sangat kental dan sedikit sambal di sisi piring. Namun jangan meremehkan si sambal ini, meski hanya sedikit tapi pedasnya bisa membuat air mata keluar. Porsinya memang tidak terlalu banyak banget, tapi karena penggunaan santan yang cukup kental sehingga membuat kita terasa kekenyangan setelah makan. Empalnya cukup empuk dengan bumbu yang kaya akan rempah, sedangkan untuk dendengnya agak sedikit kenyal namun bumbunya benar-benar terasa hingga ke dalam dengan aroma bumbu rempahnya dan gurih.
Untuk dapat menikmati nasi campur ini kita cukup merogoh kocek sebesar 12ribu 5ratus rupiah, dan biasanya jam 5 pagi hari sudah buka. Sedangkan untuk aksesnya sendiri cukup mudah, berada di Jl. WR. Supratman depan Bengkel Las Surya dan berada di Kawasan Selatan Klenteng Probolinggo, sehingga orang-orang terkadang menyebutnya dengan nama nasi campur Klenteng. Kalau Anda tahu Pasar Gotong Royong, sebelumnya ada belokan ke kiri kemudian lurus terus ±150 meter dan Anda akan bertemu dengan sebuah bengkel Las di timur jalan. Warung Nyak Nyong ada di sebelah barat, bangunannya berupa bangunan rumah kuno yang didominasi warna putih dan biru.

KEY WORD : NASI CAMPUR NYAK NYONG, NASI CAMPUR KLENTENG, MAKANAN KHAS JAWA TIMUR, MAKANAN KHAS PURBOLINGGO, KULINER PROBOLINGGO, KULINER JAWA TIMUR.

Sumber : http://wisatakuliner.com/kuliner/tempat-makan/item/nasi-campur-nyak-nyong-klenteng.html

0 komentar:

Posting Komentar